×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Utama Mobile (SPACE)

Indeks Berita

Ditengah Susahnya Mencari Pekerjaan, Pemuda Asal Pandaan Pasuruan Berinovasi "KOPLING"

Selasa, 01 Oktober 2024 | 21:25 WIB Last Updated 2024-10-01T14:27:17Z
Suasan "Kopling" di Dusun Pranti Desa Wedoro Kecamatan Pandaan.

Pasuruan - Ditengah hiruk pikuknya suasana wilayah Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan yang panas akibat teriknya matahari, terlihat ada beberapa pemuda yang menjajakan jualan kopi. Tepatnya di Dusun Pranti Desa Wedoro. Selasa, (1/q0/2024) sekitar pukul 16.00 WIB.

Dimana kopi yang dijajakan tersebut, di kalangan anak muda menyebutnya dengan sebutan Kopi Keliling (Kopling).

Di lokasi tersebut selain kopi, sang penjual hanya bermodalkan sepeda motor dengan menampilkan suasana pinggir sungai dan sawah dengan view Gunung Arjuna untuk menarik para pelanggan.

Meski tampak sederhana, penghasilan yang di dapatkan bisa mencapai ratusan ribu rupiah dalam sehari berjualan. Hal ini di sambut positif oleh warga setempat di karenakan bisa menurunkan angka pengangguran dan mengurangi kriminalitas.

”Para pemuda sekarang lebih kreatif dan positif yang biasanya di daerah sini kelihatan beberapa pemuda yang memegang minuman yang beralkohol sekarang sudah mulai bergeser menjadi minum kopi, tapi dari semua yang paling diminati atau menu andalanya adalah ES Tape Hijau,” kata Sugeng Prayitno(46) warga setempat.

Dalam pantauan awak media, mereka yang berjualan terdapat 3 orang, yakni Elga(20) Afif(20) dan Alex(20). Mereka berjualan begini sangatlah simple buka dari jam 3 sore hingga jam 7 malam.

Peralatan yang dibutuhkan pun tidak banyak hanya beberapa item penting seperti kotak box untuk membawa segala kebutuhan dan kopi yang akan di jajakan.

Salah satu pembeli asal desa setempat mengaku senang ngopi di Kopling, karena bisa ngopi sambil bersantai lesehan menikmati ramainya suasana sore.

”Enak lah mas, bisa nyantai gak harus di warung kopi, disini malah lebih seru bisa lesehan nyantai di pinggir jalan," ujarnya. (Din)
×
Berita Terbaru Update
/* script Youtube Responsive */