Nasional

Aster Panglima TNI : Generasi Muda Perlu Miliki Karakter Pancasilais

Jakarta- Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A menyatakan pesatnya perkembangan zaman dan bergantinya generasi dari tahun ke tahun berimplikasi terhadap tantangan bangsa Indonesia kedepan semakin besar. Hal tersebut disampaikan Mayjen TNI Kustanto saat memberi amana yang dibacakan oleh Paban lll/Tahwil Ster TNI Kolonel Kav Harfuddin Daing, S.E.,M.M. pada pembukaan Wawasan Kebangsaan Terpusat tahun 2018, bertempat di Gedung Serbaguna Suharnoko Harbani, Mabes TNI AU Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (8/8).

Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko mengatakan, kedepan ancaman bangsa telah memasuki sendi-sendi kehidupan bangsa dan Negara.

“Ancaman tersebut masuk melalui proxy war yang salah satu sasarannya adalah menghancurkan generasi muda bangsa Indonesia (lost generation) yang sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan bangsa dan integritas NKRI,”, katanya sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima redaksi.

Ia melanjutkan, selain dituntut terampil, cerdas dan kompetitif. Generasi muda Indonesia harus memiliki mental ideologi yang kuat dan berakhlak mulia.

“Kita harus memiliki jiwa nasionalisme dan patriotism, cinta tanah air, berwawasan kebangsaan serta mewarisi semangat keteladanan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang 1945”, ungkapnya.

Ia mengingatkan, generasi muda harus selalu waspada terhadap masuknya segala bentuk ancaman nyata kelangsungan hidup bangsa dan Negara.

“Saya mengajak kepada seluruh peserta kegiatan Wawasan Kebangsaan Terpusat tahun 2018 dan hadirin sekalian, untuk terus berjuang dan berkarya menjadi Pancasilais sejati yang bermanfaat bagi lingkungan, masyarakat, bangsa dan negera yang kita banggakan bersama,” ujarnya

Kegiatan Wawasan Kebangsaan terpusat diselenggarakan oleh Staf Teritorial TNI dilaksanakan satu hari diisi dengan kegiatan ceramah, diskusi dan tanya jawab, diikuti oleh sekitar 1000 pemuda, pemudi, pelajar dan mahasiswa di Jakarta. (uar)

 

Tinggalkan Balasan