Damai Mengabarkan
DaerahToleransi

Berpakaian Adat, Pelajar SMA Alwahid Sampaikan Indonesia Bhinneka Tunggal Ika

Tasikmalaya – Pengurus OSIS SMA Plus Al-Wahid, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya menyelenggarakan kegiatan Bulan Bahasa sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda bagi seluruh Siswa-Siswi SMA Plus Al-Wahid bertempat di Aula SMA Plus Al-Wahid, Rabu (31/10/2018).

Ketua OSIS, Manshurotun Nisa menyampaikan, Bulan Bahasa dilaksanakan untuk meningkatkan minat membaca, menulis, dan berbicara, menggali setiap potensi yang dimiliki siswa-siswi, dan meningkatkan rasa Patriotisme dan Nasionalisme.

“Sebagai Pengurus OSIS, kita harus membantu meningkatkan minat, mewadahi potensi-potensi yang dimiliki setiap siswa, dan meningkatkan jiwa Pemuda bangsa ini.”, ujarnya

Sementara itu, tema yang diambil untuk kegitan tersebut adalah “Bhineka Tunggal Ika Landasan Kita, Bahasa Indonesia Pemersatu Putra-Putri Bangsa.”.

“Tema di ambil dengan berlandaskan Bhineka Tunggal Ika, karena di Indonesia terdapat banyak suku budaya yang berbeda beda sehingga perbedaan itu menjadi ciri khas yang antik bagi nusantara dan sebagai pemersatu bangsa yaitu dengan adanya Bahasa kesatuan bahasa indonesia hal tersebut menjadi pengaruh persatuan bagi putera puteri bangsa yang berbeda suku budaya dan bahasa selaku generasi emas di jaman milenial.”, kata Manshurotun Nisa.

Kegiatan ini, mewadahi bakat dan potensi setiap siswa dengan mengadakan beberapa lomba bertingkat nasional untuk melatih keberanian serta melihat batas kemampuan di setiap bidang lomba.

Lomba yang diadakan diantaranya, Monolog, Dramatisasi Puisi, Baca Puisi, Cipta Cerpen, Cipta Puisi, Dekorasi Pintu & 5K, dan Unity of The Class

“Lomba – lomba tersebut sejalan dengan tujuan kami, dan mewajibkan seluruh Siswa memakai pakaian adat dari daerah yang telah ditentukan untuk meningkatkan kecintaan terhadap Budaya Indonesia juga.”, ujarnya kembali.

Di akhir, Ketua OSIS berharap, Kita dapat mengambil pelajaran dari setiap kegiatan, dan mampu menerapkan segala sesuatu yang positif.

Baca Juga  Kumpulkan Donasi, Pelajar SMA Al-Wahid Kirim Bantuan ke Korban Banjir Cipatujah

“Dari segala bentuk kegiatan diharapkan masing-masingnya dapat mengambil pelajaran, dari mulai belajar membaca, menulis, sampai berbicara.
Sehingga dengan penguasaan ilmu itu di harapkan semua dapat memiliki keberanian untuk menampilkan potensi dalam diri. Selain itu, setiap tema untuk kelas yakni perbedaan daerah, suku dan bahasa mengharapkan siswi siswi dapat mengenal dengan baik bahwa indonesia ternyata indah unik dan antik karena perbedaan. Deretan harapan tersebut juga mencakup harapan untuk kita semua berbahasa yang baik dan benar.”, harapnya. (Fatin Karimatunnisa)

Tinggalkan Balasan