Nasional

Menkominfo Minta Developer Game Perhatikan Batas Usia Pengguna

Potret Media, Jakarta– Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah meluncurkan situs Indonesia Game Rating Syistem (IGRS).

“Kami meminta, dengan diluncurkannya situs tersebut, developer game lokal memperhatikan batasan usia pengguna konten permainan” ujar Menkominfo Rudiantara dalam keterangan persnya, saat memberikan sambutan pada peluncuran aplikasi Cloud Game karya Skyegrid, bertempat di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (9/8/2018) malam.

Rudiantara menjelaskan, sesuai aturan, ada batusan usia terhadap pengguna atau penyuka aplikasi game yang berkembang.

“Usia 3 tahun, 7 tahun, 13 tahun dan 18 tahun dilarang bisa mengkases game yang mengandung unsur kekerasan, penggunaan rokok, narkotika, seksual, judi, horor, darah dab mutilasi”, ungkap Rudiantara.

Rudiantara menilai, pangsa pasar game yang diminati di Tanah Air sebaiknya diimbangi dengan kesadaran developer untuk memenuhi kaidah serta memastikan produknya sesuai IGRS.

“Situs IGRS merupakan penerapan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 11 Tahun 2016 tentang klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik. Situs ini bertujuan supaya developer game bisa mendaftar dan menguji secara mandiri terhadap produk yang ditawarkan kepada pengguna atau penggemar”, jelasnya. (uar)

Tinggalkan Balasan