Kuliner

Mengenal Nasi Tutug Oncom, Makanan Nikmat Yang Murah Meriah

POTRETMEDIA.com – Sebagian besar dari kita mungkin belum mengenal betul Nasi Tutug Oncom atau kita biasanya menyebutnya dengan Nasi TO.

Nasi TO adalah kuliner khas Tasikmalaya merupakan perpaduan antara nasi dengan oncom berbahan dasar kacang, khas Jawa Barat.

Secara bahasa, kata tutug dalam Bahasa Sunda artinya menumbuk. Proses aduk-tumbuk nasi dengan oncom ini menjadi nama jenis makanan yang dikenal dengan nama tutug oncom.

Baca Juga  Menikmati Seblak Lezat Khas Sunda di Jakarta

Dalam penyajiannya umumnya Nasi TO disajikan dalam keadaan hangat dan biasanya dibarengi dengan lalapan khas Sunda dan berbagai gorengan. Seperti tahu,tempe balut tepung, bala-bala (bakwan), telor ceplok, kerupuk dan juga sambal. Sedangkan sambalnya ada dua pilihan, ada sambal bajak yang terbuat dari tumisan tomat, kemiri dan cabai merah yang dihaluskan. Pilihan lainnya ada sambal goang yang lebih pedas, karena berisi cabai rawit hijau yang ditumbuk kasar dengan garam lalu disiram minyak goreng panas.

Kini nasi TO telah mulai populer di kalangan para pecinta kuliner. Terlebih lagi sekarang telah banyak warung nasi TO yang tersebar di daerah Jawa Barat seperti Tasikmalaya,

Di Tasikmalaya, nasi tutug oncom atau TO ini menjadi menu primadona oleh para pecinta kuliner tradisional. Tak jarang, setiap warung yang menyajikan menu TO ini pasti selalu ramai dengan pengunjung setiap harinya.

Nasi TO bisa kita dapatkan dengan harga murah meriah, hanya sekitar RP. 5.000 saja untuk satu porsi.

Namun bila Potret Mania–Sebutan untuk pengikut Potret Media ingin membuatnya sendiri dirumah, cukup siapkan:

Bahan – bahan :

nasi putih 1 piring
oncom Bandung 100 grm
daun jeruk 2 lmbr
daun kemangi 2 btg ( cuci bersih )
minyak sayur 2 sdm
Bumbu halus :

cabe rawit secukupnya
kencur 2 cm
bawang putih 1 siung
bawang merah 2 siung
gula merah ¼ gandu
garam halus 1 sdt
penyedap rasa ½ sdt
Cara Membuat Nasi Tutug Oncom Komplit Yang Enak :

Pertama campurkan oncom bersama dengan bumbu halus, lalu haluskan dengan cara diulek
Selanjutnya siapkan wajan lalu panaskan minyak dan gorengkan ocom yang sudah diulek tersebut dengan tambahan daun kemangi dan daun jeruk, goreng hingga mengering
Setelah goreng oncom sudah mengering, lalu matikan apinya kemudian campurkan nasi kedalam goreng oncom tersebut, aduk hingga tercampur rata
Setelah itu angkat lalu sajikan bersama dengan makanan pelengkap seperti ayam goreng, sambal dan juga lalapannya. (uar)

Tinggalkan Balasan