Nasional

Tingkatkan Kapasitas dan Peran Insan Budaya, Kemendikbud Gandeng Ikatan Abang None Jakarta

Jakarta– Guna meningkatkan kapasitas dan peran insan budaya dalam melestarikan kebudayaan Indonesia, Kementerian dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggandeng Ikatan Abang Nonen Jakarta (IANTA).

Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud, Hilmar Farid menyatakan, Ikatan Abang None Jakarta sebagai organisasi kepemudaan memiliki potensi dalam pelestarian budaya Indonesia, khususnya dalam meningkatkan kapasitas dan peran insan budaya.

“Untuk itu kita dapat bersama-sama mewujudkan inovasi dan kreativitas karya budaya yang berdaya saung,” kata Hilmar sebagaimana yang dikutip kemendikbud.go.id dalam jumpa pers program Abnon to Broadway, di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Hilmar menuturkan, IANTA sebagai organisasi pemuda yang mengedepankan pelestarian kebudayaan, memiliki peluang dalam pengembangan industri seni peran dan budaya Indonesia untuk memenuhi kebutuhan para pecinta industri tersebut.

“Perlu ada pengembangan seni peran, baik dari sisi talenta maupun dari sisi industrialisasinya”, tutur Hilmar.

Hilmar berpesan, untuk pengembangan industri seni peran dan budaya, Kemendikbud memberikan dukungan melalu beasiswa unggulan dengan mengirimkan tujuh alumni Abang None Jakarta dalam program #AbnontoBroadWay, New York, Amerika Serikat.

“Dengan dukungan ini kami berharap dapat meningkatkan kualitas dan standar talenta para alumni Abang None Jakarta untuk menuju standar Internasional.”, pesan Hilmar.

Sementara itu, Ketua IANTA, Ronni Ardhianto mengatakan program #AbnontoBroadway diusung oleh ANTA setelah melihat kesuksesan Teater Abnon dalam beberapa pementasan besar sejak berdiri hampir 10 tahun.
Teater Abnon merupakan buah hasil kerja keras dari Maudy koesnaedi yang juga merupakan pemenang None Jakarta tahun 1993.

IANTA berkeinginan agar Teater Abnon bisa diisi oleh talenta-talenta yang memiliki standar internasional. Dalam mencapai tujuan itu IANTA bekerjasama dengan instansi pendidikan di Broadway, New York bernama studentsLive yang memiliki fokus memberikan pelatihan intensif dibawah arahan spesialis Broadway yang sangat terlatih”, jelas Ronni.

Baca Juga  Wahid Foundation: DKI Jakarta Menjadi Provinsi Dengan Tingkat Pelanggaran Tertinggi Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan

IANTA bersama Ditjen kebudayaan, Kemendikbud akan mengadakan pelatihan seni peran kepada masyarakat oleh para peserta #AbnontoBroadway. Selain itu peserta #AbnontoBroadway juga akan berpartisipasi dalam pertujukan dalam rangka pementasan besar 20 tahun Teater Abnon pada tahun 2019. (uar)

Tinggalkan Balasan