Nasional

Wahid Foundation: DKI Jakarta Menjadi Provinsi Dengan Tingkat Pelanggaran Tertinggi Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan

Jakarta– Wahid Foundation menggelar launching laporan kemerdekaan beragama dan berkeyakinan (KBB) dan politisasi agama tahun 2017.

Direktur Wahid Foundation Yenny Zannuba Wahid dalam sambutannya menyatakan provinsi dengan tingkat pelanggaran teringgi KBB pada 2017 adalah DKI Jakarta dengan (50 peristiwa), diikuti Jawa Barat (44 peristiwa), (Jawa Timur 27 peristiwa), (Jawa Tengah 15 peristiwa), dan (NTB 10 peristiwa).

“Peristiwa terbanyak didominasi oleh DKI Jakarta, utamanya terkait dengan kasus Ahok dan Pilkada. Peristiwa di DKI Jakarta didominasi oleh ujaran kebencian. Peristiwa pelanggaran terbanyak terjadi pada Maret (9 peristiwa), disusul Januari (8 peristiwa), dan Mei (7 peristiwa)”, ujarnya di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat, (8/8/2018).

Yeni mengungkapkan, sementara kasus-kasus pelanggaran di Jawa Barat didominasi oleh isu-isu yang relatif beragam.

“Beberapa isu yang mengemuka antara lain terkait dengan kasus pembatasan terhadap Ahmadiyah, kasus-kasus gereja, kasus-kasus instimidasi dan lainnya.”, ungkapnya.

Yeni menerangkan, secara persebaran waktu jika dirata-rata tahun 2017 ini terjadi minimal 18 peristiwa pelanggaran KBB perbulan.

“Jumlah itu lebih tinggi dibanding tahun 2016 dengan rata-rata 16 peristiwa setiap bulan. Bulan Mei menjadi bulan tertinggi peristiwa pelanggaran (45 peristiwa), disusul April (28 peristiwa), berikutnya Maret (25 peristiwa), Agustus (24 peristiwa), dan Juli (23 peristiwa)”, jelasnya. (uar)

Tinggalkan Balasan