Nasional

Wajib Baca, Ini Syarat Pelamar CPNS 2018

Foto: @bkngoid

Jelang pembukaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 banyak warga masyarakat yang mempertanyakan perihal apa saja yang berhak untuk melamar menjadi CPNS.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan dalam siaran persnya menyampaikan, pada prinsipnya setiap warga Negara Indonesia (WNI) mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi PNS.

“Sesuai ayat (1) Pasal 23 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017, setiap WNI mempunyai kesempatan yang sama”, kata Mohammad Ridwan, Jakarta (17/09/2018).

Namun ada syarat yang harus dipenuhi yaitu:

1. Usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar

2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

5. Tidak pernah menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis.

6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

8. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah.

9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Persyaratan tambahan untuk masing-masing formasi ditentukan oleh PPK K/L/D.

Namun demikian, Mohammad Ridwan menjelaskan batas usia sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yakni usia yang paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun.

“Itu dapat dikecualikan bagi jabatan tertentu yang ditetapkan Presiden, yang paling tinggi 40 tahun”, ujarnya. (uar).

Tinggalkan Balasan